Cara Instal Windows 7 pada Fanless Mini PC Advantech

Cara Instal Windows 7 – Sudah banyak artikel yang membahas tentang cara-cara menginstall windows 7 dengan berbagai macam versi, mulai dari Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, Enterprise, Professional, sampai Ultimate. ada juga yang membahas media instalasinya menggunakan CD Installer ataupun via Flashdisk Drive. Namun kami pikir tidak ada salahnya mereview kembali cara instal windows 7 pada perangkat Fanless Mini PC merk Advantech. salah satu brand asal Taiwan yang berfokus pada Industrial Computer & Automation Produk seprti hal-nya Komputer Industri, SerialConverter, Industrial Ethernet Switch &Touch Panel Computer.

Windows 7 yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna, dirilis ke pihak pabrikan tanggal 22 Juli 2009, dan ke masyarakat umum pada tanggal 22 Oktober 2009. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000Windows 7 memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya jump list,taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12Internet Explorer 8, dan fitur baru lainnya.
Untuk instalasi Operating System (OS) dulu mungkin masih menggunakan CD/DVD Rom. namun untuk komputer atau bahkan Notebook / Netbook edisi terbaru saat ini telah support akan instalasi via Flashdisk Drive, begitupun juga dengan Fanless Mini PC Advantech. ada beberapa produk dengan type lama yang masih support OS Windows Xp sehingga tidak support akan instalasi OS via flashdisk drive, namun untukIndustrial PC, Fanless MiniPC dan juga Touch Panel Computer dengan type terbaru saat ini telah banyak yang support Windows 7, berikut type produknya :
  • Fanless Mini PC :
    • ARK-1122H : Industrial Fanless Box PC with Independent Dual Displays
    • ARK-1122C : Industrial Fanless Box PC with 4 COM Port Extendibility
    • ARK-1123C : Industrial Fanless Box PC with Dual GbE and Dual COM
    • ARK-1550 : Industrial Fanless Box PC with SoC Slim and Panel Mountable design
  • Touch Panel Computer :
    • PPC-3120 : Fanless Panel PC 12.1″ with Intel Atom Dual-Core  Processor
    • PPC-3150 : Fanless Panel PC 15” with Intel Atom Quad-Core Processor
    • TPC-1840WP : 18.5″ WXGA TFT LCD Multi-Touch Panel Computer with AMD Dual-core processor
    • TPC-2140WP : 21.5″ Full HD TFT LCD Touch Panel Computer with AMD Dual-core processor
Langsung saja disini kami akan reviewcara instal windows 7 via flashdisk yang sekarang lagi ngetrend pada kalangan IT, karena cara tersebut simple dan mudah tidak membutuhkan CD/DVD Drive lagi jika perangkat tersebut tidak ada CD/DVD drive-nya. ok setelah kita ketahui spesifikasi perangkat yang akan kita instal seperti Fanless Mini PC & Touch Panel Computer diatas, maka persiapan yang lain yaitu :
  1. USB Flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB
  2. Industrial Computer (disini kami pakai produk Advantech seperti tercantum diatas)
  3. Master file Windows 7
  4. Atur urutan posisi booting dengan memilih first boot “USB Flashdisk” pada Bios.
 Tahap 1 :
tahap 1 Cara Instal Windows 7 pada Fanless Mini PC Advantech





  1. jadikan Bootable windows pada flashdisk yang akan digunakan, Klik Start – Run – CMD ok
  2. ketikkan DISKPART (enter)
  3. ketikkan LIST DISK (untuk mengetahui daftar disk yang ada) enter
  4. ketikkan SELECT DISK 1 tergantung posisi flashdisk (Lihat dulu dari ukuran / kapasitas flashdisk yang terlihat) enter
  5. ketikkan CLEAN (enter)
  6. ketikkan CREATE PARTITION PRIMARY (enter)
  7. ketikkan FORMAT FS=FAT32 (enter) tunggu hingga proses format disk selesai
  8. ketikkan ACTIVE (enter)
  9. ketikkan EXIT (enter)
  10. Copy kan master file Windows 7 pada flashdisk tersebut
  11. Restart Komputer dan Booting via Flashdisk
Setelah kia ketahui bersama tentang cara Bootable Windows 7 via Flashdisk sekarang tahap instalasi Windows-ny pada Fanless Mini PC maupun Touch Panel Computer adalah sama hal nya dengan proses Instalasi Windows 7 pada komputer pc atau Laptop pada umumnya. Hanya saja berbeda device yang digunakan. Berikut caranya.
Tahap 2
tahap 2 Cara Instal Windows 7 pada Fanless Mini PC Advantech
1.     1.  Pengaturan bahasa, format waktu dan jenis keyboard
Dalam bagian ini, kita dapat menentukan bahasa yang akan diinstall, format waktu dan mata uang serta jeniskeyboard yang digunakan. Untuk Indonesia, jenis keyboard yang digunakan adalah US. Selanjutnya, tekan tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.
2.       2. Menu Pilihan Instalasi atau Perbaikan
Di bagian ini, jika kita akan melakukan proses instalasi, kita tinggal menekan tombol Install Now. Namun, jika kita akan melakukan proses perbaikan terhadap Windows 7 yang sudah diinstall pada komputer, maka kita dapat menekan bagian Repair your computer.
3. Lisensi Penggunaan
lisensi-windows-7
Selanjutnya akan ditampilkan lisensi penggunaan dari Windows 7. Tandai opsi I accept the licence terms dan kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.
4.      4. Pilihan/Opsi Instalasi
Di bagian ini akan diberikan 2 (dua) opsi untuk proses instalasi Windows 7 yang akan dilakukan. Opsi Upgradedigunakan untuk memperbaharui versi Windows yang sudah ada pada komputer, sementara opsi Custom (advanced) digunakan untuk melakukan instalasi baru Windows 7 ke komputer. Selain itu, dengan opsi Customkita dapat melakukan pembuatan partisi hard disk secara manual, menentukan posisi partisi instalasi dan pengaturan-pengaturan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan kita.
5.       5. Pembuatan Partisi Hard Disk
Seperti terlihat pada gambar, hard disk yang terpasang belum memiliki partisi sama sekali. Jika kita ingin memisahkan sistem operasi Windows 7 dengan dokumen kerja (data), maka kita harus membuat minimal 2 (dua) partisi. Karena itu, proses pembuatan partisi hard disk harus dilakukan secara manual.
Walaupun tidak dianjurkan, kita dapat membuat partisi secara otomatis dengan menekan tombol Enter, namun partisi yang dibuat hanya ada 2 (dua) buah partisi dimana 1 (satu) partisi dengan ukuran 100 MB digunakan sebagai System Reserved untuk memastikan seluruh fitur Windows 7 bekerja dengan sempurna dan tidak dapat digunakan sebagai lokasi penyimpanan data, karena partisi ini tidak dapat diakses ketika menjalankan sistem operasi Windows 7, dan 1 (satu) partisi lain untuk sistem operasi, sehingga sistem operasi dan dokumen kerja akan berada dalam partisi yang sama.
Untuk membuat partisi baru atau menambah partisi baru, posisikan kursor pada bagian Unallocated space dan kemudian tekan menu Drive options (advanced) untuk menampilkan opsi pembuatan partisi yang tersedia.
Dalam layar pembuatan partisi, kita dapat menentukan ukuran partisi yang akan kita buat berdasarkan sisa kapasitas (space) hard disk yang tersisa dan ukuran partisi ditentukan berdasarkan satuan Megabyte. Selanjutnya tekan tombol Apply untuk membuat partisi baru yang kita inginkan atau tombol Cancel untuk membatalkan proses pembuatan partisi baru.
Dikarenakan hard disk belum memiliki partisi master boot record, secara otomatis Windows 7 akan menampilkan peringatan tentang pembuatan partisi tambahan dengan ukuran sekitar 100 MB. Partisi tersebut akan digunakan sebagai system tempat pembacaan awal saat komputer dihidupkan. Klik tombol OK untuk melakukan pembuatan partisi.
Jika kita ingin menambah partisi baru, proses yang dilakukan adalah sama. Yang perlu kita ingat adalah, partisi yang dibuat dalam proses ini semuanya menjadi partisi primary, sehingga maksimal partisi yang bisa dibuat hanya 4 (empat) buah partisi. Pembuatan partisi baru juga dapat dilakukan setelah selesainya proses instalasiWindows 7.
6. Penentuan Lokasi Installasi Windows 7
partisi-existing
WhatsApp chat Chat WhatsApp